bisnis rumahan wiraswasta kerja online toko online shop

Budidaya Ikan Gurame di Rumah

wiraswasta rumahan bisnis online kerja di rumah toko online wirausaha
Pembudidayaan Gurame Rumahan, Buat Pemula Ok Juga!

Ikan gurame sangat diminati karena dagingnya dan gizi nya yang baik untuk kesehatan juga bermanfaat di konsumsi ibu hamil (pelajari tentang kolesterol). Namun ikan gurame ini memang memerlukan perlakuan khusus untuk pemeliharaannya agar bisa mendapatkan hasil maksimal dan saat dikonsumsi nantinya tidak ada aroma bau tanah.

ikan gurame siap panen
ikan gurame siap panen

Tehnik pembudidayaaan dalam pemeliharaan dan pembesaran larva atau benih ikan gurame yang terdapat di beberapa wilayah di Indonesia terutama yang terkenal semisal Parung, Ciamis, Tasikmalaya saat ini cepat meluas ke berbagai daerah, ini dikarenakan sosialisasi dan edukasi tentang cara budidaya ikan gurame yang baik dan benar mulai dari tingkat pemula, sehingga mereka yang baru akan mencoba berinvestasi di bidang peternakan ikan air tawar jenis ini mampu membesarkan ikan gurame dengan sehat, cepat dalam proses bertelur serta hasil yang menggembirakan.

kolam pembudidayaan ikan gurame
kolam pembudidayaan ikan gurame

Ada yang mengembangkan investasi bisnis ikan air tawar ini menjadi usaha pemancingan gurame, restaurant olahan makanan seperti anekan olahan masakan gurame goreng, bahkan sampai mengekspor hasil investasi dari ternak gurame organik ke mancanegara.

ikan gurame sedang dipanen
ikan gurame sedang dipanen

Tehnik yang dipakai dalam budidaya ini cukup beraneka ragam, ada yang menyukai dengan cara menggunakan tembok, terpal, sampai kolam sempit aquarium dan juga plastik tergantung kondisi lahan yang digunakan serta media alami tanah.  Selain kolam kita juga harus selalu memperhatikan kualitas pakan yang diberikan benih, tambahan vitamin khusus, Ph air agar tingkat kematian bibit dan juga kesehatan gurame dewasa terjamin.

olahan masakan ikan gurame bakar kecap
olahan masakan ikan gurame bakar kecap


Tips yang harus diperhatikan dalam memulai pembuatan kolam ikan media terpal antara lain :
Harga terpal dan lokasi penjualan terpal
Pembangunan dinding kolam (bisa menggunakan bambu)
Instalasi pipa sirkulasi air kolam terpal

Informasi sifat dan habitat ikan gurame
Suhu : kisaran 24-280 C
pH : kisaran 7-8
habitat ketinggian kisaran 50-600m dpl
Gurame termasuk hewan golongan omnivora
Mengandung Protein 20 %
Lemak 5 %
Mineral 5 %
Sisanya Vitamin,Serat dan air 70%

Hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan kolam terpal cek selalu kebersihan bahan terpal sebelum kita memulai pengisian air, belilah benih pada penjual yang sudah mempunyai reputasi yang baik.